Sabtu, 15 Agustus 2009

Pendidikan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan
SMK Widya Manggala Gelar Outond

PURBALINGGA – Keluarga besar SMK Widya Manggala Purbalingga pada Minggu, (19/07) kemarin menghelat latihan dasar strategi, kerjasa
ma, manajemen dan kepemimpinan bagi guru dan karyawan. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk permainan dan tantangan atau outbond ini dipusatkan di Munjul Luhur Adventure Zone komplek Bumi Perkemahan Desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari Purbalingga.

Menurut Kepala SMK Widya Manggala Purbalingga, Sumitro SPd, tujuan utama kegiatan ini adalah dalam rangka pemantapan strategi dan kerjasama untuk peningkatana kualitas pendidikan. “Ini sebenarnya merupakan diklat manajerial dan strategi timwork yang dikemas dalam bentuk permainan dan uji nyali agar peserta tidak bosan. Biasanya materi diklat serupa disampaikan dalam bentuk rapat tertutup sehingga cenderung menjenuhkan dan kurang tepat sasaran,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Kepala bidang Hubungan Masa (Waka Humas) Sudarto SAg menambahkan bahwa kegiatan ini dibagi dalam tiga tahap permainan dan diikuti oleh segenap guru, karyawan, pembina dan pengurus yayasan. “Inti dari outbond ini adalah peserta diajak mencerna nilai-nilai filosofi dan pesan moral yang terkandung di dalamnya. Targetnya, peserta dapat mengaplikasikan dalam dunia kerja, dengan hasil akhir peningkatan kualitas pendidikan di SMK Widya Manggala,” terang Sudarto.

Di sisi lain, Pembina Yayasan Pendidikan Widya Manggala, H Sudarno BE mengungkapkan, “Outbond ini merupakan langkah maju bagi kami untuk mejalin silaturahmi antara yayasan dan segenap guru dan karyawan. Dengan outbond, tidak terasa kami larut dalam permainan yang ternyata penuh dengan pesan pendidikan bagi manajerial sebuah lembaga,” katanya.

Hal senada diungkapkan Hernawan Susilo, salah satu peserta dari unsur guru. Menuturnya kegiatan ini melatih kepekaan rasa, kerjasa sama, kesolidan tim work, atur strategi dan kekompakan. “Saya dan peserta lain sadar bahwa kekompakan, strategi, dan kerjasama antara individu merupakan kunci untuk meraih kesuksesan lembaga,” ungkapnya. (*)

Tidak ada komentar: