Sabtu, 15 Agustus 2009

Lomba News Reading

SMK Wima Gelar Lomba Presenter Berita

Dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 64 tahun 2009, OSIS SMK Widya Manggala Purbalingga bekerja sama dengan Laboratorium Multi Media menggelar lomba presenter berita berbahasa Inggris, dan bahasa Jawa. Selain itu digelar juga lomba Pidato Bahasa Banyumasan dan Presenter lapangan dengan berbahasa Indonesia.

“Kegiatan lomba presenter atau news reading ini digelar sebagai upaya mensinergikan antara pengalaman dan pengamalan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari siswa di sekolah dengan peringatan Proklamasi Kemerdekaan,” ujar Doyo Udiyanto, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah (WKS) urusan Kesiswaan.

Dikatakan, bahwa selama ini momentum HUT RI biasanya hanya diisi dengan perlombaan yang meriah namun kurang bermakna, seperti tarik tambang, joged balon, dan lain-lain. Pad
a tahun 2009 ini perlombaan yang digelar memang berbeda, semua jenis lomba lebih mengedepankan sisi intelektualitas dari pada sekedar hiburan.

“Namun demikian unsur entertainment juga masih ada. Misalnya dalam lomba pidato bahasa Banyumasan, di sini selain dapat menanamkan kecintaan pada bahasa sendiri (Banyumasan-red) yang sudah mulai dilupakan, ternyata banyak mengandung hiburan. Dialek Banyumas yang sudah jarang digunakan terdengar lucu,” tambahnya.

Untuk lomba presenter, semua peserta dihadapkan pada situasi dan kondisi yang sebenarnya –sebuah studio-. Tujuannya adalah agar siswa memeliki gambaran utuh tentang manajemen dan kerja produksi berita di televisi. (*)

Tidak ada komentar: